Tuntaskan Resolusi untuk Bangun Lebih Awal dengan Cara Berikut!

Tuesday, January 11, 2022

Menyambut hadirnya tahun yang baru, pastinya ada resolusi baru yang Anda tambahkan ke daftar resolusi Anda bukan? Apakah salah satu dari daftar tersebut adalah  'terbiasa bangun pagi lebih awal'? Jika iya, pastikan untuk membaca artikel ini ya!

Bangun pagi tentu merupakan kegiatan yang tidak mudah untuk dilakukan bagi beberapa orang. Meskipun begitu, sebenarnya bangun lebih awal pada pagi hari memiliki banyak keuntungan baik bagi tubuh.

Apa saja keuntungan bangun lebih awal?

Lebih banyak waktu untuk diri sendiri

Bangun lebih awal tentu bisa memberikan waktu untuk dinikmati sendiri. Terlebih lagi jika Anda tinggal bersama dengan keluarga. Waktu sendiri ini dapat Anda gunakan untuk merilekskan tubuh dan mempersiapkan Anda untuk menjalani hari.

Memberikan waktu untuk berolahraga

Jika Anda merasa bahwa olahraga merupakan hal yang harus Anda lakukan namun Anda sulit menemukan waktu, Anda bisa melakukan olahraga pada pagi hari. Anda bisa mendahulukan untuk melakukan olahraga di pagi hari sebelum pergi bekerja karena bisa jadi Anda dapat mengalami kelelahan pasca bekerja. Jika tubuh sudah merasa lelah, maka tentunya akan banyak godaan untuk tidak melakukan olahraga. Olahraga yang dilakukan pada pagi hari juga dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan hormon endorfin yang dapat membuat perasaan menjadi lebih baik, menurunkan kadar stres dan meningkatkan energi.

Mendapatkan energi lebih banyak dan memperbaiki kualitas tidur

Penelitian membuktikan bahwa individu yang tidur dan bangun lebih awal memiliki kualitas tidur yang baik. Dengan memastikan bahwa tubuh cukup tidur dapat menaikkan mood, menaikkan konsentrasi, menurunkan risiko obesitas dan penyakit kronis lainnya.

Jika sudah mengetahui manfaat bangun lebih awal, kira-kira bagaimana tips untuk bangun bangun lebih awal?

1. Menulis catatan sebelum tidur

Terkadang meskipun tubuh sudah merasa lelah, otak tidak akan semudah itu untuk masuk ke dalam mode hibernasi. Untuk mengurangi aktivitas otak dan mengatur agar otak masuk ke dalam mode hibernasi, Anda bisa coba untuk melakukan kegiatan yang dapat menyibukkan otak seperti menulis catatan sebelum tidur.

Di dalam catatan, Anda bisa menuliskan rencana kegiatan Anda untuk hari selanjutnya. Dengan begitu, otak lebih cepat merasa lelah dan akan masuk ke dalam mode hibernasi. Kegiatan ini lebih efektif daripada menulis catatan harian mengenai kejadian yang sudah dilakukan di hari tersebut karena cara kerja otak dapat membuat Anda untuk lebih mengingat kejadian yang belum Anda lakukan dibandingkan dengan kejadian yang sudah terjadi.

2. Mentukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika bangun lebih awal

Salah satu hal yang membuat seseorang sulit untuk bangun lebih awal adalah, karena ia tidak memiliki tujuan untuk bangun lebih awal. Ada baiknya untuk mempersiapkan tujuan bangun lebih awal seperti ingin melakukan jogging, ingin memasak makanan atau ingin membaca buku. Jika sudah memiliki tujuan untuk bangun lebih awal, biasanya tubuh akan lebih mudah untuk merasa senang dan nyaman untuk bangun lebih awal.

3. Jangan lupa untuk bangun lebih awal di hari libur

Tentunya pada hari libur, banyak individu yang ingin lebih bersantai dan memutuskan untuk tidur lebih lama dari biasanya. Ternyata kebiasaan seperti ini tidak baik karena dapat mengacaukan ritme jam biologis tubuh saat bekerja. Misalnya, biasanya Anda terbiasa bangun pukul 6 pagi, namun pada hari libur Anda memutuskan untuk bangun pukul 10 pagi. Tentunya tubuh Anda akan terkejut karena biasanya mulai pukul 6 pagi, aktivitas tubuh sudah berjalan. Hilangnya keseimbangan jam biologis tubuh akan menyebabkan kehilangan daya konsentrasi saat bekerja di siang hari.

Jika memang lebih ingin bersantai di hari libur, tidak apa-apa jika tidur lebih lama dari hari biasanya, namun usahakan untuk bangun maksimal satu jam setelah jam bangun Anda biasanya. Dengan begini, kerja jam biologis tidak akan terganggu.

Meskipun sedikit sulit, semoga Anda bisa memenuhi resolusi untuk bangun lebih awal setelah membaca tips dari blog Jalanmedis ya!

Sumber:

Ikeda, H., & Hayashi, M. (2012). Longitudinal study of self-awakening and sleep/wake habits in adolescents. Nature and science of sleep, 4, 103–109.

Dasgupta, Raj. 2021. 10 Reasons to Get Up Early — Because Early Rising Isn't Just for Birds. Healthline.

Tsukamoto, Ryo. 2019. 頭が冴える! 毎日が充実する! スゴい早起き (Head will be clear, Days will be full. Wake up early!). Japan: Subaru-sha

Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form