Tai Chi: Olahraga yang Mudah, Aman, dan Kaya akan Manfaat

Thursday, February 11, 2021

Banyak bergerak atau beraktivitas fisik adalah kunci dalam menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Tapi, pernahkah Anda kesulitan dalam berolahraga karena kondisi tubuh yang sudah tidak kuat?

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi tubuh memang akan mengalami penurunan, baik itu otot, tulang, dan organ-organ tubuh. Bahkan, aktivitas sel imun seperti sel NK juga mengalami penurunan, sehingga kita menjadi lebih rentan terserang penyakit seiring bertambahnya usia.

Kondisi tubuh tersebut bisa jadi menghalangi kita untuk berolahraga secara maksimal. Olahraga menjadi terasa berat, padahal tetap harus dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh.

Jika Anda mengalami kesulitan ini, jangan khawatir! Ada olahraga merangkap meditasi yang aman untuk dilakukan, dengan risiko cedera yang minim, tapi tetap dapat memberikan manfaat kesehatan.

Apa Itu Tai Chi

Olahraga itu adalah Tai Chi atau Taijiquan, seni beladiri sekaligus senam kesehatan aliran halus dari Tiongkok. Tai Chi bukan hanya memberikan dampak bagi kesehatan jasmani, tapi juga membawa ketenangan dan kedamaian batin.

Tai Chi disebut sebagai “meditation in motion” atau “meditasi yang bergerak”. Ini karena layaknya meditasi, Tai Chi melatih keseimbangan tubuh dan pikiran lewat serangkaian gerakan atau postur. Gerakan-gerakan ini dilakukan secara lambat tetapi tanpa jeda atau tidak terputus, menyerupai air yang mengalir dengan tenang.

Gerakan tanpa jeda ini membuat tubuh terus bergerak seraya Anda berkonsentrasi penuh. Hal ini memberikan efek tenang dan tentram, sekaligus melatih fokus dan pernafasan. Meskipun kedengarannya sangat sederhana, manfaat yang diberikan Tai Chi luar biasa, lho!

Keunggulan Tai Chi ada pada gerakan-gerakannya yang sederhana dan mudah, tidak memberi tekanan pada otot dan sendi. Hal ini membuat Tai Chi tidak membebani pelakunya dan minim risiko cedera, sehingga aman untuk dilakukan oleh siapapun—terutama bagi orang tua dan orang-orang yang jarang berolahraga.

Tai Chi juga tidak memerlukan atribut atau peralatan tertentu, dapat dilakukan baik di luar (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor), dilakukan sendiri atau dalam kelompok. Mudah, bukan?

Secara umum, gerakan-gerakan pada Tai Chi merupakan gerakan untuk meregangkan sendi dan otot tubuh dengan lembut. Gerakan tersebut bertujuan untuk rileksasi dan membuang seluruh ketegangan. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan membangkitkan energi chi (qi) dalam tubuh sehingga dampaknya bagus untuk kesehatan.

Manfaat Tai Chi

Tai Chi memiliki banyak sekali rangkaian gerakan yang memberikan dampak baik untuk kesehatan, sehingga Tai Chi juga menjadi salah satu treatment untuk berbagai penyakit.

Dokter Paul Lam dan timnya dari “Tai Chi for Health Institute” membuat DVD untuk setiap program kesehatan Tai Chi. Program-program tersebut antara lain Tai Chi untuk penderita penyakit tulang seperti arthritis dan osteoporosis, penderita asma, orang dengan masalah keseimbangan tubuh, stroke, penyakit jantung, diabetes, sakit punggung, penanganan depresi atau stres, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat Tai Chi—jenis atau program yang manapun itu—adalah memperkuat otot atau tubuh secara menyeluruh. Kombinasi dari gerakan-gerakan bak air mengalir dan teknik pernafasan juga sangat membantu meningkatkan keseimbangan.

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan dan kekuatan kaki seseorang akan semakin menurun, terutama bagi mereka yang jarang berolahraga. Namun, gerakan-gerakan Tai Chi dapat meningkatkan keseimbangan tubuh karena melibatkan kekuatan kaki dan membuat otot-otot leher menjadi rileks dan fleksibel.

Gerakan Tai Chi yang dilakukan secara lambat dan tidak sulit juga membuat olahraga ini cocok untuk menjadi rutinitas setiap hari bagi orang-orang tua. Penelitian yang dimuat di Journal of Exercise Rehabilitation pun membuktikan bahwa Tai Chi merupakan metode efektif untuk meningkatkan keseimbangan dan mengurangi ketakutan para lansia untuk jatuh sewaktu-waktu.

Selain itu, Tai Chi juga baik untuk meningkatkan daya ingat. Salah satu program kesehatan Tai Chi adalah perawatan untuk demensia—penyakit yang mengakibatkan penurunan daya ingat dan cara berpikir seseorang.

Ini karena teknik pernafasan yang dilakukan selama Tai Chi dapat menstimulasi otak dan melatih mindfulness sebagaimana meditasi. Mindfulness adalah melatih kesadaran kita untuk fokus dan berkonsentrasi penuh terhadap momen yang sedang kita rasakan atau apa yang sedang kita lakukan. Inilah yang menjadi kunci dalam meningkatkan kemampuan daya ingat kita.

Penelitian pada Journal of Alzheimer's Disease pernah membahas bagaimana rutin melakukan Tai Chi dapat menambah volume otak dan meningkatkan kemampuan kognitif para lansia.

Penelitian ini dilakukan dengan mengobservasi para lansia berusia 60-an sampai 70-an yang memang mengalami pengurangan volume otak. Tapi, mereka yang melakukan Tai Chi 3 kali dalam seminggu menunjukkan adanya penambahan volume otak, serta meningkatnya kemampuan daya ingat dan proses berpikir.

Olahraga yang mudah, anggun, ramah bagi lansia, dan memberikan manfaat terhadap kesehatan jasmani maupun mental. Tertarik kah Anda terhadap Tai Chi?

Sumber:
Hosseini, L., Kargozar, E., Sharifi, F., Negarandeh, R., Memari, A. H., & Navab, E. (2018). Tai Chi Chuan can improve balance and reduce fear of falling in community dwelling older adults: a randomized control trial. Journal of exercise rehabilitation, 14(6), 1024–1031.
Hu, Y.-N., Chung, Y.-J., Yu, H.-K., Chen, Y.-C., Tsai, C.-T., & Hu, G.-C. (2016). Effect of Tai Chi Exercise on Fall Prevention in Older Adults: Systematic Review and Meta-analysis of Randomized Controlled Trials. International Journal of Gerontology, 10(3), 131–136.
Mayo Clinic, Tai Chi: A gentle way to fight stress.
Mortimer, J. A., Ding, D., Borenstein, A. R., DeCarli, C., Guo, Q., Wu, Y., Zhao, Q., & Chu, S. (2012). Changes in brain volume and cognition in a randomized trial of exercise and social interaction in a community-based sample of non-demented Chinese elders. Journal of Alzheimer's disease : JAD, 30(4), 757–766. https://doi.org/10.3233/JAD-2012-120079
Tai Chi for Health Institute, Choosing the best Tai Chi for Health Program
Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form