Perlu Dicatat! Frekuensi Mengunyah Ternyata Berpengaruh Pada Pencernaan

Wednesday, May 18, 2022

Mengunyah merupakan salah satu kegiatan untuk memperlancar proses pencernaan. Ada yang berpendapat bahwa mengunyah merupakan salah satu gerakan yang baik dilakukan untuk mengeluarkan stimulus kepada otak untuk menggerakkan lambung. Namun ternyata keuntungan mengunyah tidak hanya sebatas itu saja.

Kegiatan yang sangat simpel ini sebenarnya memiliki peran sangat besar untuk memecah partikel makanan dari ukuran yang besar ke ukuran yang lebih kecil sehingga ukuran makanan tersebut tidak akan membebani kerongkongan dan mempermudah proses pencernaan pada lambung. Selain itu, rongga mulut akan mengeluarkan air liur atau saliva saat mengunyah makanan yang mengandung enzim pencernaan.

Apa saja kegunaan air liur bagi tubuh?

Air liur merupakan cairan bening yang dibuat oleh beberapa kelenjar di dalam rongga mulut. Air liur merupakan cairan yang sangat berguna untuk proses pencernaan dan untuk menjaga kesehatan gigi. Mengunyah merupakan salah satu cara untuk mengeluarkan air liur. Semakin keras Anda mengunyah, semakin banyak air liur yang akan dikeluarkan oleh rongga mulut Anda.

Air liur memiliki beberapa manfaat seperti,

  • Menjaga rongga mulut tetap lembab
  • Membantu dalam proses mengunyah, merasakan dan menelan makanan
  • Melawan kuman jahat di dalam rongga mulut
  • Mencegah terjadinya aroma napas yang tidak sedap

Jika Anda tidak memproduksi cukup air liur, rongga mulut Anda akan menjadi kering. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah seperti pembengkakan gusi, lidah dan jaringan lainnya di dalam mulut. Kekurangan air liur juga dapat menyebabkan pembusukan gigi dan gusi karena jumlah air liur tidak cukup untuk membersihkan partikel makanan di gigi.

Kurangnya air liur dapat disebabkan oleh adanya penyakit tertentu, dehidrasi, merokok, konsumsi obat dan kebiasaan makan yang terlalu cepat. Sangat disarankan untuk mengonsumsi cukup air dan lebih memperhatikan gaya hidup sehari-hari agar produksi air liur tidak terganggu.

Bagaimana cara mengunyah yang baik?

Mengonsumsi makanan terlalu cepat dapat mengurangi produksi air liur di rongga mulut, maka dari itu para ahli menyarankan untuk mengunyah sebanyak kurang lebih 32 kali sebelum makanan ditelan. Dengan begitu, tekstur makanan akan menjadi lebih lembut dan air liur dapat terproduksi dengan baik. Banyak individu yang memiliki kebiasaan menelan makanan terlalu banyak dan cepat. Hal ini dapat berdampak buruk pada proses pencernaan dan kesehatan rongga mulut.

Disarankan juga untuk mengunyah dengan perlahan. Mengunyah dengan perlahan dapat memastikan produksi air liur dengan baik, mengurangi rasa lapar dan membantu tubuh untuk menyerap nutrisi makanan lebih baik. Mengunyah dengan perlahan juga mengurangi risiko penumpukan bakteri karena mengunyah makanan memiliki manfaat untuk mengirimkan sinyal ke sistem pencernaan untuk memberi tahu bahwa makanan akan datang. Setelah menerima sinyal tersebut, makanan lambung akan mempersiapkan asam klorida untuk mempermudah proses pencernaan makanan.

Berikut langkah-langkah untuk memastikan makanan yang Anda konsumsi dapat dicerna dengan baik oleh tubuh:

- Pastikan untuk tidak menyendok makanan secara berlebihan.

- Saat makanan sudah di dalam mulut, tutup mulut Anda dan mulailah mengunyah.

- Kunyahlah secara perlahan, pastikan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sebelum ditelan. Untuk makanan dengan tekstur yang keras, sebaiknya Anda mengunyah lebih lama sekitar 40 kali dan untuk makanan dengan kandungan air yang banyak seperti buah-buahan, Anda bisa mengunyahnya dengan frekuensi yang lebih sedikit sekitar 10-15 kali.

- Saat tekstur makanan sudah menjadi halus, Anda boleh menelan makanan Anda. Pastikan tekstur makanan sudah melembut dan mudah untuk ditelan.

Mengunyah merupakan hal yang penting dalam proses pencernaan. Pastikan untuk mengunyah dengan frekuensi yang tepat dan lakukan secara perlahan. Dengan begitu, Anda dapat mempermudah proses pencernaan serta mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi secara menyeluruh.

Sumber:

Cirino, Erica. 2020. "Chewing Your Food: Is 32 Really the Magic Number?". Healthline, https://www.healthline.com/health/how-many-times-should-you-chew-your-food. Diakses pada 10 Mei 2022.

DoctorNDTV. 2018. "This Simple Habit Can Have A Huge Impact On Your Health! Are You Paying Attention To It? Health Expert Luke Coutinho Tells Us To Chew Your Food Properly". NDTV, https://www.ndtv.com/health/health-expert-luke-coutinho-tells-us-to-chew-food-slowly-know-why-is-it-important-for-your-health-1935480. Diakses pada 10 Mei 2022.

Kobayashi, Hiroyuki. 2020. あなたを守る かむリズム (Bite Rythm that Protect You). Japan: Sunmark Publishing.

Miller, Kelli. 2021. "Saliva and Your Mouth". WebMD, https://www.webmd.com/oral-health/what-is-saliva. Diakses pada 10 Mei 2022.

Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form