Lakukan dari Sekarang! Ini Cara Paling Mudah Untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh

Friday, November 27, 2020

Kunci dari hidup sehat dan terhindar dari penyakit adalah menjaga agar daya tahan atau sistem imunitas tubuh tetap kuat.

Ini karena sistem imunitas ibarat benteng atau pasukan terdepan yang melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, dan organisme pembawa penyakit lainnya. Jika pasukan pelindung terdepan melemah, tentu saja penyakit akan sangat mudah menyerang.

 

Untuk memperkuat sistem imunitas, pastinya kita harus menjalani pola hidup sehat. Banyak mengonsumsi sayur dan buah, minum dan istirahat yang cukup, rutin berolahraga, menghindari merokok dan minum alkohol, dan masih banyak lagi.

Tidak sedikit orang yang turut mengonsumsi suplemen dan vitamin untuk pertahanan tambahan.

 

Semua yang disebutkan di atas tentu saja benar. Tapi, tahukah Anda, ada cara alami dalam memperkuat pertahanan tubuh dari serangan penyakit, yang sangat mudah dan bisa dilakukan mulai detik ini juga?

 

Jawabannya adalah: tertawa.

 

Manfaat tertawa bagi kesehatan mungkin bukan topik yang asing lagi untuk dibahas. Beragam penelitian telah membuktikan bahwa tertawa memberikan pengaruh positif terhadap psikologis, seperti mengurangi stres, meningkatkan kepuasan hidup, mengurangi persepsi nyeri, dan lain-lain.

 

Tertawa juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan karena mempengaruhi fungsi tubuh, seperti detak jantung, suhu kulit, tekanan darah, pernafasan, otot-otot rangka, kerja otak, dan bahkan mempengaruhi sistem imunitas itu sendiri.

 

Dr. Paul McGhee, yang fokus penelitiannya adalah meningkatkan kesehatan melalui humor dan tawa, dalam bukunya berbagi cerita. Setelah mengadakan suatu program kesehatan seputar kanker, Dr. McGhee beberapa kali didatangi pasien kanker seusai acara.

 

Para pasien itu berpendapat sama: tertawa sangatlah berperan dalam kesehatan. Mereka mengatakan, mereka bisa saja tidak selamat dalam menghadapi penyakit kanker atau kuat menjalani pengobatannya, jika bukan karena selera humor yang mereka miliki.

 

Menemukan hal untuk ditertawakan dari hari ke hari bukan hanya mendukung perjuangan emosional para pasien, tapi juga membantu tubuh berperang melawan penyakit ganas tersebut.

 

Sebenarnya, bagaimana tertawa melakukan semua ini?

 

Aktivitas “tertawa” itu sendiri mampu menghentikan dan meningkatkan produksi zat kimia yang mempengaruhi kondisi tubuh. Sebagai contoh, mood atau suasana hati kita dapat meningkat karena produksi hormon stres seperti kortisol berhenti saat kita tertawa.

 

Tertawa dapat mengurangi persepsi nyeri karena produksi beta-endorfin—salah satu zat kimia dalam tubuh yang mampu menghilangkan rasa sakit—meningkat saat kita tertawa.

 

Tapi, hal paling luar biasa pada tertawa adalah kemampuannya untuk mengaktifkan sel NK. Sel NK (Natural Killer) adalah bagian dari sel darah putih yang memiliki kemampuan mengidentifikasi dan membunuh sel bermutasi yang berpotensi membahayakan tubuh, seperti sel kanker.

 

Pengaktifan sel NK karena tertawa telah dibahas di beberapa penelitian, salah satunya adalah penelitian oleh Fakultas Ilmu Keperawatan Western Kentucky University.

 

Penelitian tersebut mencoba membuktikan apakah ada perubahan aktivitas sel NK yang disebabkan oleh tertawa.

Subyek penelitian adalah 33 perempuan yang sehat secara fisik dan mental.

Mereka dipilih dengan mempertimbangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi imunitas, seperti tidak memiliki gejala depresi, tidak mengonsumsi obat anti depresi, tidak memiliki kesulitan tidur, tidak memiliki penyakit kronis, tidak mengonsumsi suplemen herbal, dan tidak mengalami perubahan berat badan tanpa sebab.

 

Para subyek dibagi menjadi dua kelompok; kelompok yang menonton video lucu (video pelawak Bill Cosby) dan kelompok yang menonton video pariwisata sebagai pembanding penelitian.

 

Berdasarkan analisis para peneliti, memang ditemukan peningkatan aktivitas sel NK pada kelompok yang menonton video lucu daripada kelompok pembandingnya. Namun, secara keseluruhan, peningkatan tersebut tidak begitu signifikan.

Ini karena saat menonton, orang-orang memberi respon yang beragam; ada yang netral-netral saja, ada yang hanya tersenyum, dan ada yang tertawa.

 

Menariknya, para peneliti menemukan adanya lonjakan aktivitas sel NK pada beberapa orang yang tertawa lepas saat menonton, lebih tinggi dari mereka yang hanya senyum atau diam.

Artinya, sekedar menonton video lucu saja tidak akan meningkatkan aktivitas sel NK; respon tertawa dari para peserta-lah yang menjadi faktor dalam peningkatan aktivitas sel tersebut.

 

Para peneliti juga berpendapat, peningkatan aktivitas sel NK pada kondisi yang sebenarnya atau natural, kemungkinan besar lebih tinggi dari hasil penelitian ini. Seseorang pasti akan lebih tertawa lepas saat menonton video lucu bersama teman atau keluarga daripada menonton bersama sekumpulan orang tidak dikenal, bukan?

 

Oleh karena itu, untuk mempertahankan kesehatan tubuh, tambahkan satu kebiasaan lagi dalam daftar pola hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan bergizi, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga, jangan lupa untuk banyak-banyaklah tertawa.

 

Temukan hal-hal lucu untuk ditertawakan dalam keseharian Anda. Entah dengan berbagi lelucon dengan teman, membaca kumpulan jokes receh di sosial media, menonton video lucu di internet, dan lain-lain.

 

Ingat, saat kita tertawa—hanya dengan hal mudah seperti tertawa—kita bukan hanya menurunkan tingkat stres, tapi juga membantu tubuh melawan penyakit dan sel-sel abnormal yang mengancam kesehatan kita!

 

 

Sumber:
Bennett, M. P., Zeller, J. M., Rosenberg, L., & McCann, J. (2003). The effect of mirthful laughter on stress and natural killer cell activity. Alternativetherapies in health and medicine, 9(2), 38–45.
Bennett, M. P., & Lengacher, C. (2009). Humor and Laughter May Influence Health IV. Humor and Immune Function. Evidence-based complementary and alternative medicine : eCAM, 6(2), 159–164.
McGhee, Paul. (2010). Humor and Laughter Strengthen Your Immune System in Humor: The Lighter Path to Resilience and Health.
Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form