Keadaan Tubuh Berpengaruh Pada Gigi! Berikut Cara Menjaga Kesehatan Gigi Secara Alami

Wednesday, October 27, 2021

Sakit gigi tentunya merupakan kondisi yang sangat tidak diinginkan oleh banyak orang. Biasanya sakit gigi timbul akibat adanya masalah dengan gigi ataupun gusi milik Anda.

Saat sakit gigi, biasanya tubuh kita akan:


- Mengalami pembengkakkan di bagian gusi
- Demam
- Merasakan sakit yang timbul saat menggigit makanan
- Sangat peka dan timbul rasa sakit saat mengonsumsi makanan dingin dan panas

Terkadang sakit gigi juga merupakan rasa sakit yang terjadi sebagai rujukan dari penyakit lainnya yang sedang terjadi di tubuh kita. Mengapa bisa begitu?

Karena, di dalam tubuh terdapat saluran yang menghubungkan antara gigi dengan tubuh. Saluran tersebut dikenal dengan nama dentinal fluid.

Dentinal fluid adalah kumpulan cairan ekstraseluler yang berfungsi untuk melindungi gigi dari kuman dan bakteri. Biasanya, vitamin dan zat mineral yang kita makan akan disalurkan ke gigi melalui cairan ini. Selain itu dentinal fluid juga berfungsi untuk melindungi gigi dari kuman dan bakteri. Saat dentinal fluid tidak mencukupi, gigi akan menjadi hitam dan mudah terinfeksi bakteri. Maka dari itu, saat sakit gigi, kemungkinan ada masalah dengan tubuh Anda.

Selain itu dentinal fluid juga berfungsi untuk melindungi gigi dari kuman dan bakteri. Saat dentinal fluid tidak mencukupi, gigi akan menjadi hitam dan mudah terinfeksi bakteri. Maka dari itu, saat sakit gigi, kemungkinan ada masalah dengan tubuh Anda.

Bagaimana cara memastikan dentinal fluid bekerja dengan baik?

Untuk memastikan agar dentinal fluid dapat bekerja dengan baik, hal-hal berikut harus Anda perhatikan:


1. Jangan mengonsumsi gula berlebih.

Konsumsi gula berlebih dapat membuat dentinal fluid tidak bekerja dengan baik dan mengundang bakteri untuk tinggal di rongga gigi kita. Ada baiknya untuk mengelola jumlah asupan gula yang dikonsumsi.


2. Kelola stres.

Meskipun stres memang susah dihindari, namun sebaiknya kita mengelola stres agar tubuh juga tidak terbebani.


3. Berolahraga dengan teratur.

Tidak perlu berolahraga yang berat, cukup gerakkan tubuh untuk menaiki tangga, membereskan ruangan, atau berjalan-jalan ringan dalam satu hari kurang lebih sebanyak 30 menit.


4. Penuhi asupan mineral dan vitamin.

Makanan yang kaya akan asupan mineral dan vitamin adalah sayuran. Selain untuk menjauhkan dari sakit gigi, konsumsi sayuran juga akan menghindarkan tubuh dari penyakit lainnya.


5. Kurangi konsumsi obat-obatan.

Kita perlu memikirkan kembali, apakah obat-obatan yang saat ini kita minum memang kita perlukan atau tidak. Jika sekiranya yang dikonsumsi berupa suplemen penambah vitamin, ada baiknya dihentikan dan beralih ke ke vitamin alami yang terdapat di sayur-sayuran.

Jika sedang sakit gigi, bagaimana cara mengatasinya?

Selain menggunakan obat-obatan, kita juga bisa mengobati sakit gigi secara alami, lho! Untuk menghilangkan sakit gigi secara alami, ada dua tips yang bisa dicoba. Diantaranya,


1. Menambah produksi air liur.


Air liur merupakan cairan yang diproduksi oleh kelenjar ludah. Kelenjar ludah pada umumnya memperoduksi sekitar 1-2 liter air liur setiap harinya. Air liur berperan penting dalam menunjang kesehatan mulut dan proses pencernaan makanan.

Apabila kondisi tubuh sedang tidak baik, produksi air liur pun akan berkurang. Berikut beberapa penyebab utama yang mengurangi produksi air liur:


a. Konsumsi obat-obatan.

Konsumsi obat-obatan merupakan faktor terbesar yang mengurangi produksi air liur.


b. Kandungan dalam makanan.

Konsumsi garam dalam jumlah banyak akan menganggu keseimbangan mineral di dalam tubuh dan menyebabkan mulut menjadi kering.


c. Stres.

Stres dapat membuat saraf autonom dan saraf simpatik menjadi tegang. Tegangnya kedua saraf ini akan menyebabkan produksi air liur berkurang.


d. Kurangnya asupan cairan.

Seringkali kita tidak begitu peka terhadap diri asupan cairan untuk tubuh. Ada baiknya untuk memperbanyak minum air putih dan menghindari minuman berkafein. Minuman berkafein dapat menyebabkan produksi air seni meningkat dan tubuh akan kehilangan cairan.

2. Menaikkan suhu tubuh


Kita sering mendengar bahwa bakteri akan mati ketika terpapar dengan hawa panas. Begitupula dengan tubuh. Ketika suhu tubuh kita rendah, daya tahan tubuh akan menurun dan kita akan lebih mudah terkena penyakit.

Berikut beberapa cara untuk menaikkan suhu tubuh:


- Akhiri makan dengan meminum minuman hangat
- Apabila bisa, rendam tubuh dengan air hangat dengan suhu sekitar 38 derajat celsius. Rendam setengah badan hingga kurang lebih 30 menit.

Sumber:

Kazuo, Komine. 2018. 自然治癒力が上がる食事:名医が明かす虫歯からがんまで消えていく仕組 (An enhanced healing diet from masterful dentures to cancer). Japan: Yusabul.

Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form