Jaga Kesehatan Tubuh dengan Merawat Gigi Secara Menyeluruh

Wednesday, July 13, 2022

Apakah Anda sudah merawat gigi Anda dengan baik? Ternyata kesehatan gigi dan rongga mulut merupakan hal penting yang harus diperhatikan loh! Yuk ketahui pentingnya kesehatan gigi terhadap kesehatan tubuh di blog ini!

Apa hubungan kesehatan gigi dengan kesehatan tubuh?

Biasanya memang terdapat banyak bakteri di dalam rongga mulut, namun kebanyakan dari bakteri tersebut adalah bakteri yang tidak berbahaya. Namun rongga mulut merupakan organ penting untuk rongga tenggorokan dan kerongkongan manusia, karena itulah mulut dapat menjadi pintu masuk dari banyak bakteri jahat. Kegiatan seperti menggosok gigi dan menjaga kesehatan mulut dapat membantu rongga mulut untuk mengontrol populasi bakteri jahat di dalam mulut. Namun, jika kita tidak menjaga kesehatan rongga mulut dengan benar, bakteri jahat akan mudah berkembang dan akan berujung pada rontoknya gigi satu-persatu.

Gigi memang memiliki struktur yang sama dengan tulang, namun gigi memiliki keunikannya sendiri. Gigi memiliki lapisan pelindung yang berfungsi untuk melindungi gigi dari bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Saat terdapat penyakit gusi kronis atau infeksi mulut, lapisan pelindung ini akan melemah dan bakteri dapat masuk ke dalam tubuh termasuk ke organ otak melalui aliran darah.

Gigi juga terhubung dengan penyakit pada otak

Kenali bakteri gigi penyebab alzheimer

Salah satu bakteri yang dapat mempengaruhi anggota tubuh lainnya adalah Porphyromonas gingivalis atau Pg. Bakteri ini dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius seperti pneumonia, penyakit jantung, hepatitis dan kanker kerongkongan. Ternyata pada otak seseorang yang terkena alzheimer terdapat lebih banyak protein bernama gingipains dibandingkan dengan orang normal pada umumnya. Hal ini tidak hanya menggarisbawahi bahwa bakteri Pg menyebabkan penyakit alzheimer, namun jumlah protein gingipains juga menjadi salah satu faktor utama penyebabnya.

Periodontitis, penyebab penyakit kronis

Selain bakteri Pg, ada juga penyakit gigi yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit kronis. Penyakit itu bernama periodontitis, yaitu infeksi serius pada gusi. Gejala awal dari penyakit ini berupa adanya darah saat menggosok gigi. Munculnya plak, benda yang terbuat dari tumpukan bakteri dan bekas makanan di dalam mulut, juga dapat menandakan periode awal dari periodontitis. Jika dibiarkan, gusi akan seperti melorot dan menciptakan ruang antara gusi dengan gigi. Ruang ini akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri berbahaya. Setelah gusi dan gigi menjadi longgar, dapat timbul rasa sakit diantara gigi dan gusi. Selain itu, dapat timbul aroma tidak sedap di mulut dan gigi juga bisa tanggal secara tiba-tiba karena jaringan yang menahan gigi sudah tidak ada.

Periodontitis ini dapat menimbulkan beberapa penyakit kronis, diantaranya terbukanya akar gigi, naiknya risiko terjadi komplikasi saat hamil dan meningkatnya riisko terjadinya penyakit jantung.

Bagaimana cara merawat gigi yang dianjurkan?

Untuk menjaga kesehatan gigi, sangat dianjurkan untuk untuk:

Biasakan untuk menggosok gigi selama 5 menit

Agar terhindar dari plak yang dapat menyebabkan masalah dan berbagai macam penyakit kronis, coba biasakan untuk menggosok gigi dengan durasi yang lebih lama. Selain itu, perlu juga untuk dipahami bahwa menggosok gigi malam hari sangat penting untuk dilakukan. Karena di dalam mulut, plak akan terbentuk dari tumpukan bakteri yang hidup di dalam rongga mulut. Bakteri ini membutuhkan waktu 24 jam untuk menjadi dewasa. Bakteri ini akan menghasilkan zat asam di dalam rongga mulut, maka dari itu disarankan untuk menggosok gigi sebanyak 2x sehari untuk mencegah adanya penumpukan bakteri di dalam mulut. Pada saat tidur juga rongga mulut tidak akan sering terbuka seperti pada siang hari, maka pertumbuhan bakteri pada daerah yang lembab juga akan lebih sering terjadi.

Biasakan untuk menggosok gigi menggunakan kedua tangan

Biasanya kita memang sering menggosok gigi dengan hanya menggunakan tangan yang dominan saja. Namun ternyata tidak ada salahnya untuk mencoba menggosok gigi menggunakan kedua tangan, lho. Menggosok dengan satu tangan saja ternyata tidak selalu bisa mencapai seluruh sudut di rongga mulut. Dengan menggunakan kedua tangan, maka diharapkan seluruh rongga mulut akan lebih mudah terjangkau. Selain itu, menggunakan tangan yang dominan juga dapat berguna untuk melatih kemampuan otak.

Biasakan menggosok antar gigi

Dengan lebih memperhatikan detil saat menggosok gigi seperti menggosok gigi pada sela-sela gigi, maka sisa-sisa makanan yang ada pada sela gigi akan mudah dikeluarkan sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri.

Menggosok gigi dengan kemiringan 45 derajat

Meskipun terlihat sepele, sebenarnya menggosok gigi dengan kemiringan 45 derajat dapat membuat sikat gigi bekerja dengan lebih efektif. Sikat gigi akan lebih mudah membersihkan batas antara gusi dengan gigi, sehingga kesehatan gigi akan lebih mudah terjamin. Selain itu, kesehatan gusipun akan terjaga.

Memutar lidah di dalam rongga mulut

Dengan memutar lidah di dalam rongga mulut, dapat memicu produksi air liur di dalam rongga mulut. Air liur sendiri memiliki fungsi untuk membersihkan rongga mulut dan menjaga rongga mulut dari serangan bakteri jahat. Dengan memutar lidah, maka produksi air liur akan lebih cepat dilakukan. Disarankan untuk melakukan gerakan memutar lidah ini sebanyak 3 kali sehari.

Nah, jadi jangan sepelekan kesehatan gigi ya. Karena kesehatan gigi dan gusi ternyata memiliki dampak pada kesehatan seluruh tubuh. Tidak ada salahnya juga untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin untuk memastikan gigi kita selalu dalam keadaan sehat. Yuk lebih rajin merawat gigi!

Sumber:

Beydoun M, et al. Clinical and bacterial markers of periodontitis and their association with incident all-cause and Alzheimer's disease dementia in a large national survey. Journal of Alzheimer's Disease. 2020;75(1):157-172. doi: 10.3233/JAD-200064.

Cafasso, Jacquelyn. 2017. Periodontitis. Healthline: https://www.healthline.com/health/periodontitis. Diakses pada 4 Juli 2022.

Gray, Lauren. 2022. Your Gum Disease Risk Soars If You Brush Your Teeth Like This, Experts Warn. Best Life: https://bestlifeonline.com/brush-teeth-45-degree-angle-news/. Diakses pada 4 Juli 2022.

Mayo Clinic Staff. __. Oral health: A window to your overall health. Mayo Clinic, https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/dental/art-20047475. Diakses pada 4 Juli 2022.

Nussbaum, Rachel. 2020. How Bad Is Falling Asleep Without Brushing Your Teeth, Really?. Greatist, https://greatist.com/live/brushing-teeth-before-bed. Diakses pada 4 Juli 2022.

Sharkey, Laura. 2019. Does poor oral health impact brain function?. Medical News Today, https://www.medicalnewstoday.com/articles/326339. Diakses pada 4 Juli 2022.

Yoshiya, Hasegawa. 2018. 脳の老化を止めたければ歯を守りなさい 認知症専門医が教える! (If you want to stop your brain from aging, protect your teeth, a dementia specialist will tell you!). Jepang: Kanki Publisher.

Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form