Ingin Kualitas Tidur Membaik? Yuk Coba Tidur Pukul 10 Malam!

Wednesday, October 6, 2021

Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang penting untuk manusia. Tidak hanya sebagai penghilang lelah, tidur juga menjadi sebuah kebiasaan dari pola hidup manusia.

 

Namun,tahukah Anda, ada waktu tertentu yang dapat membuat Anda mendapat manfaat tidur yang lebih maksimal?

 

Waktu paling tepat untuk tidur adalah pukul 10 malam hingga 2 pagi.

 

Mengapa demikian?

 

Ini karena waktu tersebut merupakan periode atau waktu di mana produksi hormon dan proses pemulihan lelah berlangsung secara maksimal.

 

Ya, saat kita tidur, tubuh memproduksi hormon pertumbuhan yang memiliki banyak fungsi seperti membantu proses pertumbuhan pada anak, mengatur metabolisme karbohidrat dan memelihara fungsi jantung.

 

Selain hormon pertumbuhan, tubuh juga memproduksi hormon "melatonin". Hormon ini membantu tubuh untukmengatur jam biologis tubuh dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

 

Kedua hormon ini diproduksi secara maksimal oleh tubuh pada jam tersebut. Saat hormon melatonin mulai diproduksi, suhu tubuh akan menurun, dan tubuh akan memasuki mode “pemulihan” atau “beristirahat”.

 

Maka dari itu, jika Anda bisa tidur mulai pukul 10 malam, tidur Anda akan lebih nyenyak dan proses pemulihan tubuh pun menjadi lebih maksimal.

 

Apa yang terjadi jika Anda tidur pukul 10 malam?

Jika Anda dapat tidur sebelum atau saat pukul 10 malam, temperatur badan Anda akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu dan hormon kortisol atau hormon stres akan menurun.

 

Selain itu, otak akan memproduksi hormon melatonin yang akan membantu Anda untuk merasa mengantuk.

 

Saat Anda memutuskan untuk tidur pada pukul 10 malam, Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Anda bisa mendapatkan tidur 8 jam, bangun pada pukul 6 pagi dan siap untuk melanjutkan aktivitas di pagi hari.

 

Jika Anda tidur di atas pukul 10 malam,proses pembuatan hormon akan terganggu dan menyebabkan Anda lebih susah untuk tidur.

 

Hal ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan gawai ataupun paparan terhadap cahaya yang menyebabkan tubuh sulit untuk memproduksi hormon melatonin.

 

Kualitas tidur juga menjadi berkurang serta tubuh masih akan merasa lelah saat bangun tidur keesokan harinya. Selain itu proses penghilangan radikal bebas dari dalam tubuh juga akan terganggu.

 

Bagaimana cara untuk mengembalikan jam tidur seperti semula?

 

Jika Anda sudah terbiasa tidur di atas pukul 10 malam, jangan khawatir. Berikut tips dan trik untuk mengatur ulang jam tidur Anda.

 

1. Tidak menggunakan gawai seperti ponsel dan laptop, serta menonton televisi di atas jam 9 malam. Kegiatan ini dapat menyebabkan produksi hormon melatonin berkurang dan mencegah Anda untuk merasa mengantuk.

2. Tidak meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda dan minuman berenergi. Konsumsi kafein dapat menganggu siklus tidur Anda.

3. Tidak makan malam berlebihan. Makan malam berlebihan menyebabkan tubuh Anda akan bekerja ekstra untuk mengeluarkan hormon melatonin dan mencerna makanan.

4. Hindari tidur siang hingga Anda dapat tidur pada pukul 10 malam.

5. Menjaga kebersihan kamar tidur. Dengan menjaga kebersihan kamar dan tempat tidur, Anda dapat lebih cepat merasa nyaman dan siap untuk menutup mata.

 

Demi memperoleh kualitas tidur terbaik,mari kita terapkan tidur pukul 10 malam!

 

Sumber:
Stevenson, Shawn. 2017. 「最高の脳と身体をつくる睡眠の技術」 (SLEEP: Sleep Strategies for the Best Brain and Body). Japan: Diamond.
Canavan, Claudia. What Is the Best Time To Go To Bed? Here's What the Experts Say.
Nunez, Kirsten. 12 Waysto Fix Your Sleep Schedule.
Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form