Hanya Dengan Menarik Telinga, Ketegangan Pada Otot Tengkorak & Rasa Lelah Bisa Reda!

Friday, September 10, 2021

Apakah Anda merasakan sakit kepala atau merasa konsentrasi semakin menurun selama bekerja menghadap komputer selama berjam-jam?

Hal ini terjadi karena saat kita diam bekerja, otot-otot di sekitar tengkorak tertarik atau menegang.

Menegangnya otot di sekitar tengkorak ini akan mengakibatkan terganggunya kerja otak dan saraf otonom, dan akhirnya memunculkan sakit atau rasa pegal pada seluruh kepala.

Saat Anda duduk diam terlalu lama, Anda juga merasakan pegal-pegal pada leher, pundak, atau pinggang, bukan?

Hal ini juga terjadi karena otot-otot menjadi tegang, karena itu Anda dianjurkan untuk melakukan peregangan atau stretching setidaknya setiap satu jam sekali selama Anda bekerja.

Namun, bagaimana cara memulihkan ketegangan pada otot-otot di sekitar tengkorak?

Caranya ternyata sangat mudah: dengan menarik telinga!

Ya, menarik telinga dapat mengurangi rasa lelah dan memulihkan ketegangan pada otot di sekitar tengkorak.

Bagi beberapa orang, menyentuh, menarik-narik, atau memijat telinga ketika sedang merasa gugup atau tenggelam dalam pikirannya dapat membantu mereka menjadi lebih rileks.

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Ini karena terdapat banyak ujung saraf pada kulit telinga—khususnya bagian cuping—sehingga kulit pada telinga sangatlah sensitif terhadap sentuhan.

Dan karena telinga terhubung pada otot-otot di sekitar tengkorak, menarik telinga mampu melemaskan otot-otot dan mengangkat lelah.

Hal ini juga dapat melancarkan kerja otak dan fungsi saraf yang sebelumnya terganggu, karena otot-otot tengkorak tidak lagi menegang.

Lalu, bagaimana cara melakukan pijat ini secara detail?

Caranya mudah. Tariklah daun telinga bagian atas secara lembut (jangan terlalu keras) selama 30 detik sampai 1 menit.

Jangan melebihi 1 menit, ya! Karena jika terlalu lama, manfaat mermbuat rileksnya justru akan menghilang. Yang ada Anda hanya merasakan sakit.

Dengan catatan, Anda melakukan hal ini sambil memandang lurus ke depan. Jangan menunduk atau mendongakkan kepala, karena posisi kepala dan pandangan lurus ke depan adalah posisi alami otot-otot di bagian dalam mata.

Jika tidak memandang lurus, otot dalam mata akan menjadi tertarik. Anda justru akan semakin pusing jika menarik telinga dalam keadaan tidak memandang lurus ke depan.

Ini juga yang menjadi alasan kenapa saat bekerja di depan komputer, sebaiknya posisi duduk Anda sejajar lurus dengan layar.

Hal ini dapat mengurangi lelah dari otot-otot kepala maupun mata yang tegang secara signifikan. Karena jika hanya memandang lurus, otot-otot tidak perlu bekerja ekstra.

Karena itu, untuk mengurangi pegal dan lelah selama bekerja, Anda dianjurkan untuk:

Menarik telinga bagian atas secara lembut, selama 30-60 detik, setidaknya setiap 1 jam sekali, untuk melemaskan otot di sekitar tengkorak.

Melakukan peregangan atau stretching setidaknya setiap 1 jam sekali, untuk melemaskan otot-otot tubuh.

Mengalihkan pandangan dari layar komputer ke tempat yang jauh, selama 20 detik setiap 20 menit sekali, untuk meredakan lelah mata.

Yuk terapkan ketiga kebiasaan ini mulai dari sekarang demi kebaikan tubuh Anda!

Sumber:
Sense Massage Therapy, Ear Massage for Stress: Relief Using Auriculotherapy
Kim, Moogwi. 2018. 最強の健康法 世界レベルの名医の「本音」を全部まとめてみた(The Most Powerful Health Methods: The "Real Feelings" of World-Class Doctors). SB Creative: Japan.
American Optometric Association, Computer Vision Syndrome.
Subscribe for free resources
& news updates.
Thank you! Your submission has been received!
Oops! Something went wrong while submitting the form